Vit C, Sang Penangkal Demam Berdarah Dikala Masa Hujan

Ditulis oleh: -
Demam berdarah ialah salah satu penyakit yang sering timbul dikala masa hujan. Terdapat banyak metode yang dapat dicoba buat melindungi diri dari penyakit ini. Salah satunya merupakan komsumsi santapan yang kaya hendak vit C. Kemudian, apa kaitan vit C dengan demam berdarah?

Demam berdarah dengue( DBD) ialah penyakit peradangan yang diakibatkan oleh virus Dengue. Penyakit yang masuk ke badan manusia lewat gigitan nyamuk Aedes aegypti ini gampang sekali menyebar di negeri beriklim tropis, semacam Indonesia. Perihal ini disebabkan keadaan area yang sangat menunjang buat perkembangbiakan nyamuk, paling utama dikala masa hujan.

Peranan Vit C buat Menghindari Demam Berdarah


Badan manusia mempunyai sistem imunitas ataupun sistem imunitas buat melawan virus, kuman, jamur, dan parasit pemicu penyakit. Tetapi, kekuatan sistem imunitas tiap orang bukanlah sama serta terkadang imunitas badan dapat saja melemah. Dikala energi tahan badan melemah, keahlian badan buat melawan mikroorganisme pemicu penyakit jadi menurun. Dampaknya, bakteri pemicu penyakit bisa dengan gampang melanda serta menimbulkan peradangan, tercantum demam berdarah.

Peranan Vitamin C untuk Mencegah Demam Berdarah


Salah satu metode yang dapat Kamu jalani buat menguatkan sistem imunitas badan serta bebas dari demam berdarah merupakan memadai kebutuhan vit C. Vit ini bisa melindungi sistem imunitas badan supaya senantiasa kokoh melawan mikroorganisme pemicu penyakit serta menghindari peradangan. Dosis saran konsumsi vit C setiap hari yang butuh dipadati oleh orang berusia merupakan 75- 90 miligram. Vit ini banyak ditemui pada sayur dan buah- buahan, serta salah satunya merupakan jambu biji.

Isi Nutrisi Jambu Biji


Jambu biji ataupun guava sangat kaya hendak vit C. Apalagi, isi vit C dalam jambu biji 2 kali lipat lebih banyak daripada isi vit C dalam jeruk.

Dalam satu buah jambu biji, tercantum dekat 125 miligram vit C. Jumlah ini setara dengan 140% dari angka kebutuhan vit C setiap hari. Tidak cuma vit C, buah jambu biji juga kaya hendak isi antioksidan, folat, vit A, serta serat. Nutrisi- nutrisi tersebut bisa menguatkan energi tahan badan buat melawan virus Dengue pemicu demam berdarah. Tidak hanya jambu biji serta jeruk, jeruk bali, kiwi, leci, stroberi, serta pepaya pula dapat jadi opsi buah sumber vit C yang dapat Kamu mengkonsumsi. Serta bukan cuma buah- buahan, konsumsi vit C pula bisa diperoleh dari sayur- mayur, misalnya tomat, bayam, kangkung, kentang, brokoli, serta paprika.

Metode Lain Menghindari Demam Berdarah


Tidak hanya melindungi energi tahan badan dengan komsumsi santapan bergizi balance serta perbanyak konsumsi vit C, Kamu pula butuh melaksanakan langkah- langkah berikut ini buat menghindari demam berdarah:

  • Bilas serta tutup tempat penampung air

Kuras serta bilas tempat penampung air, semacam bak mandi, tempayan, ember, ataupun pot bunga, minimun satu minggu sekali buat menghindari nyamuk Aedes aegypti tumbuh biak. Jalani secara teratur serta jangan kurang ingat tutup rapat tempat penampung air di rumah tiap berakhir dipakai.

  • Jauhi menumpuk benda bekas

Air hujan dapat tertampung dalam sampah plastik, kaleng, ataupun sterofoam di dekat rumah. Wadah penampung air ini bisa jadi area yang sempurna untuk nyamuk buat tumbuh biak, sehingga dapat menularkan penyakit demam berdarah. Oleh karena itu, jauhi menumpuk benda sisa di dalam rumah ataupun di area dekat rumah. Lebih baik buang ataupun kubur benda yang telah tidak terpakai.

  • Pakai kasa serta kelambu

Pasanglah kasa pada tiap lubang ventilasi buat menghindari nyamuk DBD masuk ke dalam rumah. Tidak hanya itu, Kamu pula dapat memasang kelambu pada tempat tidur biar bebas dari gigitan nyamuk.

  • Pakai obat anti nyamuk

Buat menghindari gigitan nyamuk DBD, Kamu dapat memakai losion antinyamuk ataupun memakai obat nyamuk dalam wujud semprot, bakar, serta elektrik. Tetapi, pemakaian obat nyamuk butuh dicoba secara berjaga- jaga, paling utama bila terdapat balita, kanak- kanak, ataupun pengidap asma di dalam rumah.

Kala masa hujan menyerang, jagalah keadaan badan Kamu dengan perbanyak konsumsi vit C dan santapan sehat yang lain buat tingkatkan energi tahan badan. Apabila butuh, konsultasikanlah dengan dokter buat mengenali apakah Kamu membutuhkan konsumsi vit C bonus dari suplemen.